Rabu, 06 Maret 2013

cari kerja


Ijazah S1 sudah ditangan, yipieee….,, akhir kebebasan dari berbagai macam tugas, buat makalah, presentasi dan segal sesuatu yang membuat pusing. Beban sudah hilang, saatnya untuk berleha –leha dan melakukan sesuatu sekehendak hati. Itulah yang terjadi saat menyelesaikan kuliah. Ketika acara wisuda semua sangat senang, orang tua, teman dekat, bahkan pacar pun memberikan sekuntung bunga mawar tanda cinta dan selamat sayang akhirnya ayang wisuda juga.
Tapi, kesenangan semacam itu hanya sebentar saja, hari berikutnya mulai berjalan hingga berganti minggu. Terbesit dalam hati kebimbangan mau dibawa kemana ijazah ini (Oh my god…) tanpa disadari status dari seorang mahasiswa telah berubah menjadi pengangguran..
Orang tua dan orang sekitar pun, sudah mulai menyarankan cari kerja…., cari kerja,, cari kerja,
Ini merupakan beban tersendiri yang membuat kepala pusing.  Inilah tindakan yang dapat diambil.
1.      Setiap lowongan kerja, ayo masukan lamaran. Eits…. Jangan sembarangan, lihat dulu kualifikasi, dan posisi yang diingin dilamar. Ingat donk,, yang dipake ijazah Es Satu bukan ES Em A, atau Es Em PE. Sayangkan kalau sudah susah kuliah eh yang dipake ijazah SMA biar cepat kerja saja.
2.      Buat CV dan Surat lamaran dengan memperhatikan 3 hal, yaitu menarik perhatian pembaca surat lamaran, meyakinkan  bahwa kita ne punya kemampuan yang diperlukan, trus meminta kesempatan untuk diwawancara. Jadi yang perlu diperhatikan diantaranya menjelaskan jabatan yang kudu diambil, memberikan informasi tentang kemampuan pengetahuan, yang berhubungan dengan lowongan pekerjaan, dan menjelaskan kualifikasi yang dimiliki, contoh neh.. gape bahasa inggris, pintar ngoperasikan compi, end de el el.. pintar maen game…. Enggak termasuk.
3.      Siap kan kocek trus kirim lamaran ke berbagai belahan dunia,, cieeee… , habis tu berdoa semoga dapat panggilan untuk ngikut ujian tes kalau bisa sampai ke grade interview end diterima.
4.      Sambil ngirim lamaran ke berbagai perusahaan dari yang bonafit sampai kelas standar, siapkan diri untuk belajar TPA, end contoh tes –tes.. yang bukunya bisa dibeli di toko buku atau nanya sama om GOOOgle..
5.      Berdoa dah…,,  end selalu update berita…,, lowongan gak selalu ada di koran, di pos,, tapi di berbagai situs lowongan kerja.

Usaha dan semangat adalah modal utama jangan patang mundur, maju terus.. (mau perang..), anggap sajalah seperti itu, soalnya untuk mendapat kerjaan yang oke tu banyak saiangannya toh yang wisuda dan satu jurusan bukan kita doang,, ratusan.. bahkan ribuaaann banyaknya yang ingin ambil posisi itu. Wadouuuh…


Share On:
Description: cari kerja Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: cari kerja

0 komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat