Rabu, 22 Mei 2013

Tips mengatasi maag/tukak lambung



 Telah banyak artikel yang menjelaskan penyakit satu ini yaitu maag.., Terdengar tidak asing bahkan dianggap penyakit biasa saja. Maag atau dikenal dengan sakit perut dalam khalayak ramai. Karena seperti biasa anak kecil yang malas makan nanti orang tuanya pasti bilang “loe harus makan, nanti sakit perut….”. Kalimat ini menjadi legendaris dari dulu hingga masa sekarang. Tapi kalau udah gede,, gak ada lagi ngingetin seperti itu tapi sang pacar yang care lah selalu ngingetin  “Ayang… jangan lupa makan ,, ntar ayang atit… , ^_^” (hihihii………..).
Penyakit yang satu yang banyak menyerang orang yang memliki pola makan yang tidak teratur, suka makan pedas, suka makan jajanan di jalan dengan beraneka rasa (kecuali maniss…, kalau manis larianya ke diabetes jika waktunya telah tiba). Terutama nih… orang yang hidup kosan pengen makan yang lebih simpel ajah dan kenyang… wuihhh.. sedap dah ditambah dengan tingkat stress karena beban kerja atau kuliah. Tapi anak kecil banyak juga yang kena penyakit ini mungkin sang orang tua kurang perhatian kepada sang anak. Hingga suatu hari penyakit maag telah menjadi penyakit langganan, seperti penyakit flu yang menyerang di saat cuaca lagi ngambek (musim hujan) karena kondisi tubuh gak lagi fit. Maka seperti biasa  sang produsen obat membuat dan menjual berbagai macam obat maag di apotek.
Gejala maag ada beraneka ragam, Beberapa diantaranya, sakit perut di ulu hati hingga rasa terbakar, sakit perut sebelah kanan lalu kadang – kadang sakitnya tembus ke belakang (sakit pinggang gitu deh), dan tingginya asam lambung maka ada rasa pahit di tenggorokan dan  disertai mual. Sakit perut ini kadang –kadang suka pindah –pindah, maksudnya,, kadang –kadang di sebelah kanan, trus pindah ke sebelah kiri dan diatas pusar. Kalau udah gini sakitnya minta ampun…. ~_~.  Lambung kalau udah ngamuk,, maka bisa mengganggu organ tubuh lainnya, diantaranya lemah persendian, migrain dan sakit kepala berkepanjangan, kalau asam lambung lagi naik bisa nyentuh paru –paru yang menyebabkan agak sesak bernafas, lalu membuat jantung berdebar – debar. 


Jadi sipenderita mikirnya jadi macem –macem, dikirain nanti tekanan darah tinggi, sakit jantung, diabetes,, padahal lambungnya lagi gak oke…. Kalau muntah dan pingsan .. wah, ini udah gawat perlu di gotong ke UGD biar dapat pengobatan apalagi kalau udah ngeluarin darah, pertanda ada luka di lambung. Satu lagi yang perlu diingat, sakit maag bisa sembuh kalau makan teratur, kalau gak ya….,, maagnya bakal kambuh lagi.. (hindari/ kurangi konsumsi makanan pedas, asem (terutama pengawet), bergas, soda, coklat, susu, susu kental, sayur mentah, makanan keras, santan pekat, gorengan, kurangi stress, dan jangan terlalu lelah).
 Gejala diatas saya dapat berdasarkan pengalaman saya sendiri, cerita dari sang sahabat yang juga menderita maag akut. Zaman sekarang ada beraneka ragam makanan lengkap dengan pengawetnya. Jadi jika makanan beragam so pasti penyakit juga beraneka ragam pula dengan tingkat keparahannya juga meningkat.  Jadi agar tidak  terjangkit dari berbagai penyakit itu. Jawabannya ada dalam diri kita. Sayangi organ tubuh kita.

 Tips bebas dari penyakit maag.
1.       Makanlah teratur, yaitu makan pagi, siang, dan malam.., dan biasakan makan sayur dan serat setiap hari.
2.       Jangan makan berat sebelum tidur karena akan memperberat kerja lambung.
3.       Jangan makan mie…, yang terlalu sering.
4.       Jangan terlalu kelelahan dan makan super banyak pada saat perut kosong.  Hal ini akan merusak dinding lambung.
5.       Kalau konsumsi vitamin C hendaknya setelah makan, Walaupun banyak iklan yang menjelaskan vitaman C aman bagi lambung. Belum tentu ini benar, karena lambung setiap orang berbeda adanya. Trus kalau gak penting gak usah konsumsi vitamin.
6.       Makanlah sering untuk menghindari perut yang terlalu lama kosong.
7.       Banyak minum air untuk mempermudah kerja lambung.
8.       Jangan menganggap remeh penyakit ini, karena setiap orang kadang –kadang memiliki gejala penyakit maag yang berbeda. Perlu disadari bahwa kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat akan mendatang penyakit pada tubuh.
9.       Rasa pedas dari merica, lada bubuk hitam atau putih akan lebih kuat mengiritasi lambung dari pada pedas dari cabai…, (dari pengalaman saya sendiri). Trus bumbu yang tajam lagi seperti bumbu soto… akan membuat lambung kumat bagi yang telah sensitif..
10.   Ubah gaya hidup menjadi berkualitas dengan pola makan yang sehat ya.. ^_^.
11.   Cintai dan jaga tubuh kita dengan pasokan makanan yang sehat agar tidak mendatangkan penyakit suatu saat nanti.
12.   Trakhir, jangan menganggap remeh suatu penyakit. Asal tahu saja.. penyakit maag akan kembali menghampiri dan bahkan mengakibatkan kematian jika tidak segera mengubah pola makan yang teratur…

Semoga bermanfaat..,, saya harap teman yang membaca cerita saya ini, mengambil makna yang tersirat dari cerita saya. Bagi yang belum bergabung di MAAGholic  (kena penyakit ini maksudnya) segeralah mengubah memperhatikan asupan makanan dan pola makan. dan bagi yang usah menjadi member… MAAGholic (welcome  back guyss… hohoho) yuk mari untuk tidak sakit ini lagi….,, dengan menghindari yang menjadi pantangan makanan yang dapat menimbulkan gejala maag datang lagi dan melakukan beberapa tips dari saya atau menurut pemikiran teman untuk menjaga kesehatan.




Share On:
Description: Tips mengatasi maag/tukak lambung Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Tips mengatasi maag/tukak lambung

3 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih sharing2nya mas, sangat bermanfaat sekali ,untuk referensi mungkin bisa juga baca2 disini .. http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/nyeri-pada-belakang-pinggang-kanan-sakit-ginjal-kah

Unknown mengatakan...

oke,, sama -sama share..

Unknown mengatakan...

Saya sih sudah tidak mengeluhkan lagi sakit maag semenjak minum fitaliv.. Emang tanaman kunyit dan temulawak itu bagus banget buat lambung

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat