Kamis, 13 Juni 2013

Cara berpikir otak kanan dan otak kiri



Cara berpikir otak kanan dan otak kiri
Otak manusia terbagi menjadi dua belahan yaitu belahan kanan dan kiri yang dikenal dengan otak kanan dan otak kiri. Masing – masing belahan otak ini bertanggung jawab terhadap cara berpikir daan mempunyai spesialisasi dalam kemampuan tertentu. Proses berpikir otak kiri bersifat logis, linear dan rasional. Cara berpikirnya sesuai untuk tugas –tugas teratur ekspresi verbal, menulis, membaca, menempatkan detail dan fakta. Bagaimana denga otak kanan.?
Nah.. otak kanan memiliki cara berpikir yang bersifat acak, tidak teratur, dan intuitif..,, apa tuh intuitif?  Intuitif merupakan kemampuan untuk menerima atau menyadari informasi yang tidak dapat diterima kelima indera kita.  Selain itu, intuisi adalah pikiran kreatif. Otak kanan juga memiliki cara berpikir sesuai dengan cara –cara untuk mengetahui yang bersifat nonverbal seperti perasaan dan emosi, kesadaran yang berkenaan dengan perasaan (merasakan kehadiran suatu benda atau orang), pengenalan bentuk dan pola, musik, seni, kepekaan warna, kreativitas dan visualisasi. 

Dari cerita diatas,, dapat diketahui bahwa otak mana yang sering kamu gunakan..???? , biasanya penggunaanya tidak seimbang. Contohnya saya lebih sering otak kiri karena sukanya ngitung –ngitung dan berpikir logis sedangkan otak kanan jarang tuh. Perbandingannya 70 : 30 persen lah..  Pada dasarnya kedua belahan otak sangat penting. Orang yang memanfaatkan kedua belahan otak ini juga cenderung seimbang dalam setiap aspek kehidupan. Belajar terasa sangat mudah bagi mereka yang menggunakan kedua belah otak secara seimbang karena mempunyai pilihan untuk menggunakan bagian otak yang diperlukan setiap pekerjaan yang sedang dihadapi.
Sesungguhnya, jika termasuk kategori otak kiri dan tidak melakukan upaya tertentu memasukkan beberapa aktivitas otak kanan ke dalam hidup maka ketidakseimbangan yang dihasilkan dapat mengakibatkan stress dan juga kesehatan mental serta fisik yang buruk. Coba lihat lingkungan sekitar, orang yang sibuk dengan pekerjaannya biasanya kaku dan sering sakit kepala karena kurang hiburan. Berarti terjadi ketidakseimbangan dalam menggunakan otak yang cenderung ke kiri. Bagaimana dengan otak kanan lebih banyak digandrungi oleh orang doyan music atau musisilah….,, sering dengar music malah juga gak bagus…,, mirip orang stress… juga..
Zaman sekarang lebih cenderung mengutamakan otak kiri yang terjadi dimasyarakat karena sebagian besar komunikasi diungkapkan dalam bentuk verbal atau tertulis, yang keduanya merupakan spesialisasi otak kiri, bidang pendidikan, bisnis, dan sains cenderung berat ke otak kiri.
SO…..,, walaupun dalam giat belajar atau bekerja,, music penting juga dalam memberikan warna….,, dan hal yang kreatif lainnya, seperti mengambar, melukis, dan masih banyak lagi. Selain itu, hal kreatif yang dilakukan akan membuat emosi stabil dan tidak gampang stress karena beratnya beban kerja atau sekolah yang sedang dijalani.
Sumber bacaan : Bobbi Deporter dan Mike Hernacki. 2003. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.

Share On:
Description: Cara berpikir otak kanan dan otak kiri Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Cara berpikir otak kanan dan otak kiri

0 komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat