Sabtu, 04 Mei 2013

berbagi cerita menyelesaikan tugas akhir



Bersabar dalam menyelesaikan tugas akhir
Ketika sudah menyelesaikan semua mata kuliah baik yang wajib, makruh, atau sunat pun…,, di akhir semester nich kudu ambil yang namanya tugas akhir. Nah disini.. ,, yang namanya benar –benar kuliah, kenapa??? ., menurut saya dari awal semester hingga akhir hanya dengerin dosen bercuap –cuap, trus dkasih tugas, atau buat makalah dan dikumpulin, lakuin praktikum bagi ada mata kuliah praktek. Kalau dah di akhir mata kuliah gak ada lagi belajar cukup  tugas akhir yang 8 sks diambil. Jadi semester ini adalah semester berat walau hanya 1 mata kuliah saja. 

Bagi yang punya semangat juang…,, nangkring di pustaka tengok tugas akhir orang biar ada inspiraziii… baca – baca… , sampai mata dah sebesar telor bagi yang buntu.. aliat mati ide.. .blom juga nemuin judul yang tepat.. Waduhh.. bertambah pusing,, lanjutkan dengan googling dengan mencari jurnal ilmiah atau referensi tugas akhir dari berbagai website. 
Nah… judul dah ditangan,, saatnya tuk buat proposal, jika meneliti di sekolah atau perusahaan, saatnya melakukan observasi untuk menyesuaikan judul dengan kejadian dilapangan, jangan lupa bawa kamera dan catatan kecil dalam memperhatikan kondisi yang terjadi di lapangan. Singkat cerita, yach cari referensi yang relevan dilengkapi bukti –bukit yang kongkret.
Trus ngapain lagi, ding….,,, Yach diketik dong minimal bab I doank, isinya menceritakan seputar latar belakang masalah yang kita angkat.  Habis ini ya di konsultasikan dengan dosen pembimbing. Bagi yang gak biasa bercakap  berduaan dengan dosen pembimbing bakal gemetaran..,, atau dag dig dug lah kayak jatuh cinta gitu… hihihi.. (asalll), ya gak lah. Santai saja…, anggap saja itu teman yang lebih tua saja. Seiring berjalan waktu..(gak mungkinkan diceritain semuanya). Tugas akhir dan siap dari bab I ampe 3 trus jalanin seminar dong ya…,, trus ngurus surat ijin penelitian dan ambil data yang dilapangan… (proses ini bakal panjanggg,, ~_~). Tapi dengan bersabar dan bertawakal bakal dilalui dengan baik, jangan lupa tetap berkomunikasi dengan teman dan dosen pembimbing.
Tips dalam menyelesaikan tugas akhir.
1.       Selalu berdoa dan meningkatkan keimanan
2.       Temukan judul yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan.
3.       Bertemanlah dengan orang yang juga sedang menyelesaikan tugas akhir, soalnya kita bakal termotivasi dan bersemangat. Selain itu, dapat berbagi cerita seputar tugas akhir ini hingga dapat meringankan beban yang sedang dilalui.
4.       Dengar nasehat dan saran dosen pembimbing dengan baik saat melalui proses bimbingan, jangan lupa siapkan catatan kecil atau merekam pembicaraan dosen pembimbing bila kita lagi gak konsentrasi
5.       Walau sedang ngerjaain tugas akhir, hiburan sangat penting.

Share On:
Description: berbagi cerita menyelesaikan tugas akhir Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: berbagi cerita menyelesaikan tugas akhir

0 komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat