Senin, 20 Mei 2013

Dengarkan suara hati (hati nurani)



Dalam menjalani aktivitas setiap hari dalam berbagai situasi pernahkah mendengar suara –suara yang selalu berkata yang bertolak belakang dari yang dilakukan jika melakukan kejahatan kecil (maksudnya apa ..??  ~_~)
Gak ngerti,, contohnya gini:
Jika kamu berada dalam angkutan umum tiba- tiba salah satu penumpang merokok dengan seenaknya  dan dalam angkutan itu pakai AC serta penuh penumpang wanita. Maka akan timbul jawaban suara hati  kamu seperti  suara yang mendorong kamu ingin memperingati penumpang yang merokok itu untuk segera mematikan puntung api rokoknya.
Contoh lainnya: Dalam bus umum yang penuh penumpang dan tidak ada bangku kosong, dalam perjalanan naiklah seorang ibu – ibu. Maka dalam hati akan timbul suara seperti suara memberikan posisi duduk kamu ke sang ibu, agar ibu itu tidak capek berdiri menuju tujuan.

Jawaban –jawaban dari suara hati tersebut adalah sama persis dengan sifat – sifat Allah yang terdapat di dalam Al Qur’an (Asmaul Husna) seperti Maha Penolong, Maha Pengasih dan Penyayang, Maha Ilmu, Maha Tahu, Maha Melindungi dan sebagainya. 



 Contoh yang dikemukakan diatas adalah bahwa manusia sebenarnya memiliki suara hati yang sama. Karena itu bila manusia hendak berbuat tidak baik, pasti akan dilarang oleh suara hati nuraninya. Sebab Tuhan tidak mau kalau manusia berbuat tidak baik. Kalau manusia tetap mengerjakan perbuatan yang tidak baik itu maka suara hati akan bernasehat. Dan jika sudah selesai mengerjakan perbuatan itu (buruk) akan timbul penyesalan.. ~_~.
Bagaimana dengan suara hati yang telah tertutup?? ,, Jika dilihat berita kriminal di TV dan berbagai media lainnya, orang –orang sering mengabaikan pengakuan ini. Akhirnya yaaacchh… terjerumus dalam kejahatan, kekerasan, dan berbagai efek negatif lainnya.
Tips agar hati selalu jernih
1.      Hindari berprasangka buruk kepada semua orang.Meskipun ini sulit dilakukan tapi patut untuk di coba, karena dengan berpikir positif dan berprasangka baik pada orang lain akan menciptakan kondisi lingkungan yang saling percaya, mendukung, dan kooperatif.
2.      Berprinsiplah kepada Allah yang Maha Abadi. Hal ini akan membawa manusia ke arah kebahagiaan yang hakiki. Kalau yang ini memang benar adanya meskipun kebahagiaan dunia sekarang memang menakjubkan .. tapi harus sadar diri ini tidaklah abadi.
3.      Cobalah dengarkan suara hati… , Jangan abaikan suara hati tapi menurut saya pribadi pertimbangkan suara hati dengan apa yang hendak dilakukan. Mungkin yaachh.,.. terkesan sederhana tapi sulit untuk dilaksanakan ketika terjadi pertentangan dalam diri terhadap sesuatu hal.
4.      Lihatlah dari berbagai sudut pandang secara bijaksana dengan keputusan yang diambil dan melihat sesuatu karena memang apa adanya (tidak berlebihan).
   Shalat adalah suatu pelatihan yang menyeluruh untuk menjaga dan meningkatkan kualitas kejernihan hati dan cara berpikir seseorang.
 
Semoga bermanfaat, cerita ini saya buat berdasarkan pikiran saya sendiri dan salah satu buku yang saya baca yaitu buku ESQ (Emotional Spritual Quotient) yang berdasarkan 6 rukun iman dan 5 rukun islam karya Ary Ginanjar Agustian. Buku ini membuat saya sadar ternyata banyak hal yang perlu diperbaiki dalam mengarungi kehidupan ini termasuk salah satunya suara hati nurani yang terkadang diabaikan.


Share On:
Description: Dengarkan suara hati (hati nurani) Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Dengarkan suara hati (hati nurani)

0 komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat