Minggu, 27 April 2014

Kawasan Tujuan Instruksional

Taksonomi tujuan instruksional membagi tujuan pendidikan dan instruksional ke dalam 3 kelompok, yaitu tujuan yang bersifat:
1. Kognitif yang tujuannya berorientasi kepada kemampuan “berfikir”, mencakup kemampuan intelektual yang lebih sederhana, yaitu “mengingat”, sampai dengan kemampuan untuk memecahkan suatu masalah yang menuntut siswa untuk menghubungkan dan menggabungkan gagasan, metode atau prosedur yang sebelumnya dipelajari untuk memecahkan masalah tersebut. Tujuan kognitif ini digunakan dalam proses intruksional.
2. Afektif memiliki tujuan yang berhubungan dengan “perasaan”, “emosi”,”sistem nilai”. Dan “sikap hati” yang menunjukkan penerimaan atau penolakan terhadap sesuatu. Dalam literatur tujuan afektif ini disebutkan sebagai : minat, sikap hati, sikap menghargai, sistem nilai, serta kecenderungan emosi.
3. Psikomotor berorientasi kepada keterampilan motorik yang berhubungan dengan anggota tubuh, atau tindakan yang memerlukan koordinasi antara syaraf dan otot. Dalam literatur tujuan ini tidak banyak ditemukan penjelasannya dan biasanya dihubungkan dengan “latihan menulis”, berbicara, olahraga.


Dalam proses pembelajaran terjadi interaksi antara unsur kognitif dan afektif dalam diri siswa. Sikap terhadap suatu konsep atau prosedur kerja dapat menjadi hambatan bagi tercapainya tujuan kognitif. Sebaliknya untuk mengubah suatu sikap atau mengadopsi suatu nilai, siswa juga memerlukan pemahaman yang sifatnya kognitif. Dalam proses pembelajaran tertentu aspek kognitif dan afektif merupakan dua sisi yang perlu ada. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran guru perlu memperhatikan tujuan afektif ini dan secara terencana berusaha untuk mencapainya.

Sumber Rujukan
Suciati. 2005. Taksonomi Tujuan Instruksional. Jakarta: PAU-PPAI-UT
Sumber Gambar : Taksonomi tujuan instruksional
Share On:
Description: Kawasan Tujuan Instruksional Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Kawasan Tujuan Instruksional

0 komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat