Minggu, 06 April 2014

Tips menghadapi ujian sidang skripsi atau tesis



Untuk mendapatkan ilmu tidak hanya mendapatkan ilmu dari alam tapi juga sekolah. Mulai dari TK sampai perguruan tinggi. Coba hitung berapa lama kita bersekolah?.. bagi yang malas ngitung ya gak usah di itung. Setiap akhir masa sekolah kita akan melewati masa ujian akhir yang bikin super deg –degan.. . Kalo masa ini bikin otak pusing dan bahkan jatuh sakit saking memikirkannya.
Horee…. Lulus SMA kita masuk tahap mendapatkan gelar diploma ato sarjana. Yups kudu kuliah 4 sampe 7 tahunan lah untuk es Satu. Lama  yakk?, Tidak lagi diatur guru tentang tata aturan dan disiplin tapi kedisiplinan mulai dari kesadaran diri kita masing, mau jadi sarjana apa kagak itu terserah kita.
Yups .. saya kuliah di salah satu universitas negeri di kota padang, yach sekitar tahun 2006 dan 08 maret 2014 kemaren saya wisuda pascasarjana.,.. (Ciee… elah) magister nich ye..
Tidak lagi pada masa akhir studi dengan Ujian nasional yang bikin jantungan tapi malah kita kudu buat skripsi ato semacam karya tulis ilmiah gitulah. Nich ada beberapa tips dari saya yang berhasil melewati masa – masa tersulit bagi orang kuliahan.
1.       Flash back dulu pada masa semester trakhir sekitar masuk tahun ke 4 kuliah es Satu. Kita harus menentukan judul karya tulis kita apa ya?, Untuk ini, time to go library.. . Wohooo.. anak rajin nich ye…,
2.       Judul dah ditangan dan mengenal apa yang ditulis dan pengerjaan sampai selesainya gimana… Tahap aman pertama udah tercapai kayaknya nich. Maka kita kan melewati seminar proposal, seminar hasil end ujian karya tulis ilmiah..…..,,
3.       Satu hari seminggu menjelang ujian karya tulis ilmiah ato dalam bahasa gaolnya skripsian. Baca kembali apa yang dibuat…
a.       Latar belakang mengangkat judul itu apa? (pahami betul.. nich)
b.      Sedikit memahami tentang isi dari karya tulis itu, and gambaran singkat hasil dari karya tulis tersebut itu gimana?
c.       Jangan lupa lihat perbandingan hasil dengan latar belakang kalo ditemukan tidak sama pikirkan kembali kenapa itu bisa terjadi? (cari teori yang relevan tentang itu ato judul yang hampir sama telah diangkat sebelumnya)
d.      Siapkan mental dan relax sajalah dan jaga kesehatan. Pada saat ujian karya tulis saya si dosen menanyai saya mulu .. gak berhenti secara bergantian..
e.      Jangan lupa berdoa.. ya..,
4.       Siapkan segala peralatan yang kelengkapan bahan sebelum ujian karya tulis ne. seperti si lappy gak boleh error. Pakaian hitam putih and dasi plus jasnya. Flash disk berisi data cadangan. Trus surat yang menyatakan kita meneliti, and data –data lainnya..
5.       Yakinnkan diri kita pasti berhasil…. (Wohohooo.. good luck, guys)

Sekian pengalaman saya nich. Moga aja bermanfaat…
Share On:
Description: Tips menghadapi ujian sidang skripsi atau tesis Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Tips menghadapi ujian sidang skripsi atau tesis

1 komentar:

Bang Rahman mengatakan...

Wah mantab ni mas tipsnya, sayang saya sudah selesai ngarap skripsinya mas, coba aja taunya sebelum ujian pasti sangat bermanfaat sekali mas Hamdani

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat