Dalam proses pembelajaran terjadi
perubahan dan peningkatan mutu kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan siswa,
baik dari segi kognitif, psikomotor maupun afektif. Kemampuan belajar mandiri
merupakan tujuan akhir dari belajar aktif. Belajar Aktif merupakan perkembangan
dari teori Dewey Learning by Doing (1859-1952).
Dewey yang merupakan pendiri sekolah Dewey School menerapkan prinsip –prinsip learning by Doing, yaitu bahwa siswa
perlu terlibat dalam proses pembelajaran secara spontan. Keingintahuan siswa akan
hal –hal baru akan mendorong keterlibatannya secara aktif dalam suatu proses
pembelajaran. Antara guru dan siswa dalam konteks belajar aktif menjadi sangat
penting karena guru sebagai fasilitator yang berperan aktif untuk memudahkan
siswa belajar. Guru sebagai narasumber dalam menyajikan pembelajaran mampu
mengundang pemikiran dan daya kreasi siswa, mengelola sumber belajar yang
diperlukan. Siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran dapat menganalisis
informasi pembelajaran yang diberikan guru, memberi arti dan informasi baru
terhadap pembelajaran yang ada berdasarkan situasi yang ada. Selain itu siswa
dibina untuk memiliki keterampilan agar dapat menerapkan dan memanfaatkan
pengetahuan yang pernah diterima pada hal –hal atau masalah baru yang dihadapi.
Dengan demikian siswa belajar mandiri. Beberapa strategi yang dapat digunakan
guru untuk mencapai pembelajaran yang aktif antara lain:
a. Refleksi,
guru dapat meminta siswa untuk merefleksikan hal – hal yang telah dipelajari
dalam pembelajaran, seperti makalah.
b. Pertanyaan
siswa, Untuk setiap pokok bahasan atau pertemuan, guru menugaskan siswa untuk
menuliskan pertanyaan tentang hal yang belum dipahami atau hal yang perlu
dibicarakan bersama guru dan siswa.
c. Rangkuman,
Guru dapat membiasakan siswa untuk membuat rangkuman terhadap hasil diskusi
kelompok yang dilakukan di kelas atau sebagai tugas mandiri.
Sumber Rujukan :
Pannen, Paulina, Mustafa, dina,
& Sekarwinahyu, Mestika. 2005. Konstruktivisme
Dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI-UT
Description: Strategi untuk mencapai pembelajaran aktif
Rating: 3.5
Reviewer: Unknown
ItemReviewed: Strategi untuk mencapai pembelajaran aktif
0 komentar:
Posting Komentar
berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat