Minggu, 06 April 2014

Strategi untuk mencapai pembelajaran aktif



Dalam proses pembelajaran terjadi perubahan dan peningkatan mutu kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan siswa, baik dari segi kognitif, psikomotor maupun afektif. Kemampuan belajar mandiri merupakan tujuan akhir dari belajar aktif. Belajar Aktif merupakan perkembangan dari teori Dewey Learning by Doing (1859-1952). Dewey yang merupakan pendiri sekolah Dewey School menerapkan prinsip –prinsip learning by Doing, yaitu bahwa siswa perlu terlibat dalam proses pembelajaran secara spontan. Keingintahuan siswa akan hal –hal baru akan mendorong keterlibatannya secara aktif dalam suatu proses pembelajaran. Antara guru dan siswa dalam konteks belajar aktif menjadi sangat penting karena guru sebagai fasilitator yang berperan aktif untuk memudahkan siswa belajar. Guru sebagai narasumber dalam menyajikan pembelajaran mampu mengundang pemikiran dan daya kreasi siswa, mengelola sumber belajar yang diperlukan. Siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran dapat menganalisis informasi pembelajaran yang diberikan guru, memberi arti dan informasi baru terhadap pembelajaran yang ada berdasarkan situasi yang ada. Selain itu siswa dibina untuk memiliki keterampilan agar dapat menerapkan dan memanfaatkan pengetahuan yang pernah diterima pada hal –hal atau masalah baru yang dihadapi. Dengan demikian siswa belajar mandiri. Beberapa strategi yang dapat digunakan guru untuk mencapai pembelajaran yang aktif antara lain:
a.       Refleksi, guru dapat meminta siswa untuk merefleksikan hal – hal yang telah dipelajari dalam pembelajaran, seperti makalah.
b.      Pertanyaan siswa, Untuk setiap pokok bahasan atau pertemuan, guru menugaskan siswa untuk menuliskan pertanyaan tentang hal yang belum dipahami atau hal yang perlu dibicarakan bersama guru dan siswa.
c.       Rangkuman, Guru dapat membiasakan siswa untuk membuat rangkuman terhadap hasil diskusi kelompok yang dilakukan di kelas atau sebagai tugas mandiri.

Sumber Rujukan :
Pannen, Paulina, Mustafa, dina, & Sekarwinahyu, Mestika. 2005. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU-PPAI-UT
Share On:
Description: Strategi untuk mencapai pembelajaran aktif Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Strategi untuk mencapai pembelajaran aktif

0 komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat