Minggu, 15 Desember 2013

cara membangkitkan perhatian dan motivasi belajar siswa

Menurut Elin Rosalin (2008:84) “Motivasi belajar belajar adalah suatu nilai dan suatu dorongan untuk belajar”. Melalui gagasan / ide dan perilaku pembelajaran yang kreatif terkait dengan usaha guru dapat membangkitkan perhatian dan motivasi belajar siswa. Iskandar Agung (2010:38) “Kreativitas bukan hanya mengacu pada hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran, seperti pemberian materi dan penggunaan metode, tetapi juga perwujudan perilaku guru yang komunikatif, menyenangkan, membimbing, dan kesejajaran”.

 photo 4a1926d2-cc3f-4e8a-985a-750c0507e39d_zps599c8be9.jpg

Dari penjelasan ini diketahui beberapa hal yang dapat menjadi acuan bagi guru untuk membangkitkan perhatian dan motivasi siswa, diantaranya: menggunakan gaya bahasa yang komunikatif dan tidak monoton agar bahan ajar yang diberikan tidak membosankan dan mudah di cerna siswa. Menciptakan suasana interaksi pembelajaran yang luwes dan bersahabat antara guru dan siswa. Memberikan bentuk pujian kepada siswa yang memperlihatkan perhatian dan motivasi belajar siswa.

Sumber Rujukan
Elin Rosalin. (2008). Bagaimana menjadi guru inspiratif?. Bandung: PT Karya Mandiri Persada.
Iskandar Agung. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.
Share On:
Description: cara membangkitkan perhatian dan motivasi belajar siswa Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: cara membangkitkan perhatian dan motivasi belajar siswa

0 komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat