Minggu, 08 Desember 2013

Definisi Hasil Belajar Siswa

Dalam proses pembelajaran diperlukan hubungan aktif antara guru dan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuan ini pada dasarnya merupakan rumusan tingkah laku dan kemampuan yang harus dicapai dan dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan dalam tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan-perubahan tersebut akan dinyatakan dalam seluruh aspek tingkah laku. Menurut Slameto (1991:2) “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya”.
Menurut Winkel (1996:50) “Adanya perubahan dalam pola perilaku inilah yang menandakan telah terjadi belajar”. Semua perubahan merupakan suatu hasil belajar dan mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Tujuan belajar pada hakekatnya adalah untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Hasil belajar merupakan suatu prestasi yang dicapai setelah mengikuti proses belajar mengajar.

 photo e93672ed-8215-41c9-ae6b-fafdd063a017_zps5da0a493.jpg

Pendapat diatas sejalan dengan pendapat Sudjana (1990:22) mendefinisikan “Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya”. Pendapat tersebut menekankan bahwa hasil belajar adalah kemampuan merubah tingkah laku yang terjadi karena suatu usaha. Perubahan tingkah laku meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh peserta didik dari suatu proses belajar nilai-nilai yang terkandung didalamnya dan dapat digambarkan dalam bentuk angka-angka atau skor nilai yang dipergunakan dalam bentuk dunia pendidikan.

Sumber Rujukan
Slameto. (1991). Belajar dan Faktor -faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Share On:
Description: Definisi Hasil Belajar Siswa Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Definisi Hasil Belajar Siswa

0 komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat