Menurut Winkel (1996:50) “Adanya perubahan dalam pola perilaku inilah yang menandakan telah terjadi belajar”. Semua perubahan merupakan suatu hasil belajar dan mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya. Tujuan belajar pada hakekatnya adalah untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Hasil belajar merupakan suatu prestasi yang dicapai setelah mengikuti proses belajar mengajar.
Pendapat diatas sejalan dengan pendapat Sudjana (1990:22) mendefinisikan “Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya”. Pendapat tersebut menekankan bahwa hasil belajar adalah kemampuan merubah tingkah laku yang terjadi karena suatu usaha. Perubahan tingkah laku meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diperoleh peserta didik dari suatu proses belajar nilai-nilai yang terkandung didalamnya dan dapat digambarkan dalam bentuk angka-angka atau skor nilai yang dipergunakan dalam bentuk dunia pendidikan.
Sumber Rujukan
Slameto. (1991). Belajar dan Faktor -faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sudjana, Nana. (1990). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Description: Definisi Hasil Belajar Siswa Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Definisi Hasil Belajar Siswa
0 komentar:
Posting Komentar
berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat