Jumat, 20 Desember 2013

Disiplinkan siswa dengan kasih sayang

Dalam pembelajaran guru dihadapkan pada siswa dengan berbagai macam latar belakang, sikap, dan potensi yang kesemuanya akan terlihat pada kebiasaannya dalam mengikuti pembelajaran dan berprilaku di sekolah. Berbagai macam sikap siswa yang tidak sesuai dengan aturan sekolah diantaranya merokok, membolos, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, membuat keributan di kelas, melawan guru, dan berkelahi di kelas. Sikap siswa seperti itu akan menganggu proses pembelajaran, kondisi ini diharapkan guru untuk mendisiplinkan siswa.Mendisiplinkan siswa harus dilakukan dengan kasih sayang dan harus ditunjukan untuk membantu siswa mengatasi, mencegah timbulnya masalah disiplin, dan berusaha menciptakan situasi yang menyenangkan bagi kegiatan pembelajaran. Sehingga siswa itu mentaati segala peraturan yang telah ditetapkan. Hal ini sejalan dengan pendapat Mulyasa (2011:170) “Disiplin dengan kasih sayang merupakan bantuan kepada siswa agar mampu berdiri sendiri”. Dalam menanamkan disiplin, guru bertanggung jawab mengarahkan dan berbuat baik, menjadi contoh, sabar dan penuh perhatian. Beberapa hal yang dapat dilakukan guru yaitu: membantu siswa mengembangkan pola prilaku untuk kebaikan siswa tersebut dan menggunakan pelaksanaan aturan sebagai alat untuk menegakkan disiplin.

 photo 5329d1ee-f084-42ec-9628-45b7415c61f6_zps0f21de42.jpg

Sumber Rujukan

Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Share On:
Description: Disiplinkan siswa dengan kasih sayang Rating: 3.5 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Disiplinkan siswa dengan kasih sayang

0 komentar:

Posting Komentar

berikanlah komentarnya untuk kemajuan postingan ini
terima kasih,, salam hangat